Warga Binaan Pasmar 1 Olah Sampah Menjadi Pupuk Organik

Bekasi, PW: TNI AL, Pasmar 1. Rabu (12/07/2023). Warga binaan Pasmar 1 melaksanakan praktek pembuatan pupuk organik dalam kegiatan pelatihan pertanian organik dan pendampingan budidaya rumput laut bertempat di Kampung Bungin, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan wujud kerjasama antara Pasmar 1, Pegadaian serta Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) untuk mewujujudkan kualisan Sumber Daya Manusia (SDM) warga Kampung Bungin, Muara Gembong semakin maju.

Lebih lanjut, pelatihan ini merupakan rangkaian program Kampung Bahari Nusantara Pasmar 1 dalam cluster Ekonomi. Sehingga, diharapkan dengan adanya pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam bidang pertanian organik dan rumput laut mulai dari penyiapan lahan, pemilihan bibit, perawatan sampai dengan pemanenan.

Pada kesempatan ini, Bapak Bahar dari pihak INTANI mengisi kegiatan dengan cara mendampingi dan mengarahkan warga binaan Pasmar 1 dalam proses pembuatan pupuk organik yang memanfaatkan sampah organik dari lingkungan sekitar, sehingga selain mengurangi sampah organik masyarakat juga mampu mengubahnya menjadi pupuk yang bermanfaat serta ramah lingkungan.

Related posts